PM Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung Jalani Vaksinasi Covid-19
Di Post Oleh: Jamus Anisa Qolbun Rahmani Tanggal: 10/06/2021 Dibaca 15 kali

TEMANGGUNG -- Penerima manfaat (PM) di Balai Besar  Disabilitas  Kartini Temanggung menjalani vaksinasi Covid-19. Proses vaksinasi digelar di ruang binaraga Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung, Rabu 10 Juni 2021. 

Kepala Balai Besar Disabilitas Intelektual, Juena Sitepu mengatakan vaksinasi bagi penerima manfaat merupakan lanjutan dari upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebelumnya,  pegawai di balai tersebut juga telah menerima vaksin. 

"Proteksi serupa juga harus diberikan kepada penerima manfaat yang kami bina," kata Juena. 

Juena mengatakan, pihaknya memberikan pendampingan khusus bagi penerima manfaat yang terdiri dari para penyandang disabilitas intelektual, disabilitas mental, fisik.


"Sebelum vaksinasi diberikan motivasi oleh psikolog, kemudian pendampingan diberikan oleh pengampu, pekerja sosial, tenaga kesehatan Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung" tambah Juena.


Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung menunjuk puskesmas Dharmarini sebagai pelaksana vaksinasi PM di Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung.


Kepala Puskesmas Dharmarini, Anis Mustaghfirin mengatakan, vaksinasi dilakukan dengan memberi perlakuan  khusus bagi para penyandang disabilitas. 

"Kondisi mereka yang berkebutuhan khusus sehingga tidak bisa disamakan dengan masyatarakat pada umumnya," kata Anis. 

Menurut dia, anak-anak disabilitas intelektual diberi perlakuannya, sama ketika seorang anak-anak hendak disuntik.

"Ada sekitar 60 penerima manfaat yang dijadwalkan untuk divaksin. Namun, yang memenuhi syarat Vaksinasi Covid-19 hanya diberikan kepada 51 orang," terang Anis.

Mereka yang tidak divaksin karena usianya masih di bawah 18 tahun.Sesuai regulasi dan syaratnya, vaksin Covid-19 ini hanya diberikan kepada orang yang usianya 18 tahun ke atas. 

"Vaksinasi kali ini merupakan tahap pertama. Rencananya, setelah 28 hari, vaksin tahap kedua atau sekitar bulan Juli, kembali akan diberikan," terang Anis.
 (*)

Top
  • Ikuti kami di