Balai Besar Kartini Kembali Melaksanakan Peningkatan Kompetensi Kader Sheltered Workshop Peduli di Masa New Normal
Di-post Oleh: Edhi Prabawa Tanggal: 23/06/2020 Dibaca 128 kali

TEMANGGUNG, (23 Juni 2020) -- Kegiatan Koordinasi dan Pendampingan Sheltered Workshop Peduli (SWP) Tahun 2020 kembali dilaksanakan secara virtual oleh Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung Kegiatan diikuti 58 peserta dari Kader Pendamping SWP Kab. Rembang, Kab. Banyumas, Kab. Pekalongan, Kab. Madiun, Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten serta tim SWP Balai Besar Kartini.

Kepala Bidang Resosialisasi dan Bimbingan Lanjut, Ambarina Murdiati menyampaikan materi tentang Pengembangan Kelembagaan SWP yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Pemetaan Sosial, Identifikasi jejaring kerja. Pembentukan SWP dan Pengembangan SWP yang meliputi kajian dan perencanaan partisipatif, Pelatihan kader SWP & pengurus KSM, Pendampingan sosial & fasilitas kelembagaan, Pengembangan kemitraan & jejaring kerja, Implementasi kegiatan, Perluasan jangkauan/ gerakan, Monitoring dan Evaluasi.

Materi terkait Bantuan Sosial Kemandirian atau Asistensi Sosial (ATENSI) disampaikan olehAbdul Haris Boge, Kepala Seksi Bimbingan Lanjut. Haris menjelaskan bahwa tahapan ATENSI dimulai dari pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang harus disesuaikan dengan kemampuan Penerima Manfaat dan orang tua, kondisi lingkungan dan persetujuan orang tua. Tahap kedua adalah pembukaan rekening tabungan dan tahap ke tiga pencairan ATENSI.

Menanggapi materi yang disampaikan oleh narasumber banyak pertanyaan dan masukan untuk pengembangan SWP. Salah satu pertanyaan disampaikan oleh Wiji Utami, Kader SWP Delima Rembang yang menanyakan tentang batas waktu pembuatan RAB. "Batasan waktu pengumpulan RAB sampai akhir juni sehingga pengajuan dapat segera dibuat dan pencairan ATENSI segera dilaksanakan", jawab Haris.

Humas BBRSPDI Kartini Temanggung

#KemensosRI

#KemensosHadir

#DitjenRehsos

#BBRSPDIKartini

#WilayahBirokrasiBersihMelayani

Top
  • Ikuti kami di